Jumat, 15 Februari 2013

cara memperbaiki mesin las

75 komentar:

  1. bagaimana cara memperbaiki mesin las litch Anda yg rusak ? semisal api kecil ,mati total dan sering Overloads?diblog ini nani saya akan membahasnya.

    BalasHapus
  2. kalo mesin las saya merk essab mati total bisa gak gan?diservice?.... tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ,biasanya mati total mesin las essab dari tr mosfeet dan top power supply coba cek sparepart yg sy sebutkan tadi,tks

      Hapus
  3. gan saya punya mesin las merk rhino,kondisi api kecil ,itu apa nya ya ?tolong pencerahannya gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya ada komponent yang rusak yg terdapat di modul atas rangkaian DC,coba cek dioda zener dekat trapo tengah E1-28 15:8,Sepertinya ada yg short dioda zenernya

      Hapus
  4. assalammualaikum gan,ini saya pnya mesin las merk prado ,kondisi lampu hijau hidup tapi gak ada api itu apanya ya gan?makasih ya...

    BalasHapus
  5. bagaimana cara memperbaiki mesin las tiger yang rusak?ya kami akan bahas sekarang juga,1.apabila mesin las anda rusak dengan keluhan mati total : -cek modul power supply diantara komponen yang rawan rusak,ntc 47 D 15,cek dioda bridge....

    BalasHapus
  6. kerusakan terjadi karna mesin las dipakai dengan mengelas panjang tidak ada jeda,semisal 1 kawat las habis tanpa terputus,dengan besi material diatas 10 mm

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Butuh bantuan master..ku punya mesn las prado,krusakan trnstr dc di baian atas jebol,kira2 part nya ada g y? Dgn kode k30n60.bntuam nya di tgu y master..sblm nya tks.

    BalasHapus
  9. gan, mesi las ku merk dolpin protek, biasanya kena apanya ya. ?dan untuk toko yg jual spare pat kusus mesin las dimana ya?

    BalasHapus
  10. Ganti komponent tc 4420 Disana ad 2Pcs,Kemungkinan dua duanya jebol,Tks

    BalasHapus
  11. Gan tolong
    mesin las ku merek daiden apinya kecil apanya ya?
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek elco 400v 470 mikro,atau cek driver dan kabel feedbacknya,tks

      Hapus
  12. assalamu alaikum mas. saya rio di jkt.
    klo untuk mencari spare part mesin las,macam modul pwm,trapo dll di mana ya mas.mksh banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  13. gan tanya mesin las saya RYLON ACR 200 nyala sebentar terus mati cabut listrik di ulang2 tetap sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek modul bawah arus ac ,kemungkinan sekering warna hitam kotak jebol,tks

      Hapus
  14. Gan, Mesin las merek NLG pengatur amperenya kayak ga fungsi, udah ganti potensio tetep aja

    BalasHapus
  15. gan, saya punya msin las lincoln electric DC-400, lampu idicator menyala tapi fan pendingin dan sistem lain tidak bekerja. kira2 apanya ya gan yang problem? trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek switch on/off atau ganti aja kemungkinan power sitch on/off nya jebol,tks

      nb:saya menerima service panggilan gan

      Hapus
  16. kang..mesin las saya merk litch, kipas nya ga jalan, trus saya coba pasang sekitar 10 menit eh malah mati..kayaknya over haet yah, kira2 apa yang rusak yah?? nuhun

    BalasHapus
  17. ganti kipas baru dengan dc 24 volt,tks

    BalasHapus
  18. kalo lampu OC nyala terus kenapa y...merek daiden....
    thanks master.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek tr mosfet k 2837 biasanya ada salah satu yg short atau rusak,apabila rusak ganti resistor dan trnya,tks

      Hapus
    2. cek transistor mosfeet nya gan,tks

      Hapus
  19. Mesin las portable yang 900watt merk apa yang suku cadangnya komplet tersedia

    BalasHapus
  20. mas klo mesin essab ET 2000 tegangan di out putnya hilang biasanya apanya yah? thank mas

    BalasHapus
  21. Mana yang Lebih Utama Mesin yang pakai gulungan tembaga Atau Yang Electronik..?
    Terus Kalo Mesin Las YaNg Pake Gulungan Tembaga Apinya G' Mau Maximum Apanya...?

    BalasHapus
  22. Gan,,,,,saya punya rhino160. Klo ku nyalain let hijau, redup gk kuat conek ke relay,,,,terus kabel conek ke relay ku cabut, let hijau terang,,,,apanya bos kira kira komponen yg harus saya ganti,,,,oh ya klo kumatikan let hijau lama matinya,,,thanks

    BalasHapus
  23. ,,mesin rhino160,,klo d nyalakan,let hijau nyalah redup gk mau konek ke relay,,di matikan let hijau lama matinya,,,,d cabut kabel konek ke relay, lampu hijau nyalah terang,,,,,,komponen apa yg harus saya ganti,,,,makasih Bos,,n salam kenal,,,,,,

    BalasHapus
  24. mas mesin las panerise MMA-160 teransistor rjh60f5 sering jebol padahal udah diganti yang baru.apa masih ada yang lain yg harus diganti? thank .

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dida zenernya gan,biasanya ad yg short unstabil,tks

      Hapus
  25. mas mesin las panerise mma-160 teransistor rjh60f5 sering jebol padahal udah diganti ama yg baru, apa masih ada yg harus di ganti lagi ? thank

    BalasHapus
  26. klo mesin essab 200A IGBT ga ada tegangan outnya apanya biasanya yg rusak? power suply oke.thanks

    BalasHapus
  27. mesin las portable banyak sparepart nya di toko hermes djaya glodok ,tks

    BalasHapus
  28. kang las rhino api kecil sdh sy ganti leko masik

    BalasHapus
  29. kang las rhino api kecil sdh ganti elko masik sama kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek dioda zener nya yg dekat trapo ct kabel 2 mengarah ke driver,tks

      Hapus
  30. klo essa yg 200 A nyakla tapi ga ada tegangan outnya,,,apanya yah kang? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek igbt nya atau drivernyanbila perlu ganti aja,tks

      Hapus
  31. Gan,,,,,mohon pencerahan,,,,arc 200, let hijau nyala relay jg konek
    Tapi kok gk ada api,,,,? Irf9z24n normal apanya gan,,,tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti ic ka 3525 kaki 16 yang menempel di driver.tks

      Hapus
  32. mesin las stick/mma yang terbukti bisa mengelas plat tipis 0,6mm tanpa kesulitan merk apa ya mas? kalo pake las mig mudah,tapi harganya mahal.sparepart dalam las mig seperti gas valve,dinamo putar kawat,modul kit putaran dinamo ,,dll bisa dibeli dimana?

    BalasHapus
  33. gan minta tolong, ane punya mesin las lakoni falcon 120e rusaknya apinya kecil...biasanya apanya ya gan, tolong pencerahannya....terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti dioda zener 4 pcs dekat travo ct kabel 2 mengarah ke driver,atau ganti ic ca3140 nya.tks

      Hapus
  34. gan ane punya mesin las lakoni falcon 120e, rusaknya apinya kecil, biasanya apanya yang rusak yah, tolong pencerahaanya gan, terimakasih.....

    BalasHapus
  35. gan ane punya mesin las lakoni falcon 105e posisi let hijau aja yg menyala....

    BalasHapus
  36. Mau ty mas bro,, mesin las WM ES2500 pertama K3878 jebol, sy ganti, coba lagi, jebol lagi sama NTC nya.. apanya ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek doida zener yg ditrapo ct e-128,sepertinya ga balance gan,tks

      Hapus
  37. mas saya lagi garap mesin titan 160A, mosfet 40N60-nya short,dan udah saya lepas smuanya.saya coba hidupin tanpa mosfet,indikator nyala,relay kedengeran aktif,tp ga sampe 2 detik MCB di meteran listrik turun (mati).dicoba terus seperti itu aja.minta pencerahannya mas.saya coba pasang 40N60 yg baru short lagi.mksh sblmnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari power supply masih masalah gan,coba anti skring dari power supply sepertinya dah lemah,ganti aja,tks

      Hapus
  38. bos punya rhino 120 waktu di on kan lampu 0.C tidak nyala
    setelah di las kan paling beberapa detik lampu o.c nyala terus gak ad api
    begitu seterusnya..padahal baru beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti temperaturnya aja,kayaknya dah jebol,maaf domisili dmna?saya menerima service panggilan hub di 085956339726,tks

      Hapus
  39. gan aku punya mesin las MIG merk rilon type 250F.pertama aku beli.aku rasa tidak enak dipemakaiankurang empuk& ampernya da aku nyalain mentok pqaling besar.tp nyala apinya msh kurang besar saya rasa.kira2 penyebabnya apa ya gan......???? pa mang mesinnya yg kurang enak/ listrik saya yg kurang.coalnya listrik yg saya pakai cuman 3500.tu dipakai bnyak mesin.dr grinda tangan.cut off.mesin bor

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasokan listriknya tidak stabil,atau coba cek regulator nya,zenernya ada yang short atau lemah,tks

      Hapus
  40. Gan, saya punya dinamo las merk denyo DC 300A mati ga keluar apinya.tolong bantuannya. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. domisli dimana pak?hub saya di 085956339726

      Hapus
  41. mesin las ku dc inverter 120 cuma nyala lampu hiajau sama fan pendingin aja,ga ada percikan api,merk udah kena cat jadi ga terbaca,kira2 apa yang musti di ganti,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek irf 9z24n ada dua pcs ganti aja,tks

      Hapus
  42. Bong sy punya mesin las lakoni valcon 120e led power nyala berkedip kipas mati dan tdk keluar api mohon bantuannya tks. Sy tinggal di jogja

    BalasHapus
  43. gan,kok banyak yg gak masuk akal
    masukannya ya..trimks

    BalasHapus
    Balasan
    1. masksud anda pak?maaf disini saya hanya sebatas berbagi pengetahuan ,apabila anda kurang berkenan silahkan jangan masuk blog ini,tks

      Hapus
  44. Map gan aye mita tolong, mesin las rhino 900wt api kecil udah saya ganti Ac kaki4 dan cej elko, tpi masih yala kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek dioda zener yang ada pada travo ct e-28,ada yg short salah satunya,permasalahan dari regulator,coba di by pass pake gacun aja masbrow

      Hapus
  45. Maaf saya mau minta tolong gan saya punya mesin las rhino 900wt, api kecil

    BalasHapus